Popular Posts

7/01/2011

Buruknya Pembinaan Usia Dini Kembali Disorot

Buruknya pembinaan pemain muda di Indonesia kembali mendapat sorotan. Kali ini, kritik pedas meluncur dari mantan penggawa Timnas Indonesia di era 90-an, Rocky Putiray.

Seperti dikutip dari Kompas ini, Rocky menyatakan bahwa kompetisi usia dini di Indonesia tidak rutin digelar. Alhasil, banyak bibit pesepakbola yang harus terbuang begitu saja.

"Di Prancis, kompetisi usia muda itu berjalan rutin. Sementara di sini tidak. Di luar, satu minggu sebelum kompetisi liga digelar, liga usia dini sudah berjalan. Jadi anak-anak sudah terlatih. Mereka juga dididik untuk punya tujuan dan ambisi, yang bisa membuat mereka maju," kata mantan striker yang disegani di eranya tersebut.

"Dengan kompetisi yang rutin, mereka bisa menunjukkan talenta yang mereka punya. Mereka juga bisa belajar dari kompetisi tersebut," imbuhnya.

Rocky menambahkan bahwa seharusnya PSSI bisa jadi motor kompetisi usia dini. Namun sayang, menurutnya, selama ini hal itu tidak berjalan. Menurutnya, jika saja PSSI peduli, katanya, tak mustahil akan muncul bintang-bintang berbakat ke depan untuk jadi tulang punggung Timnas Indonesia.

"Saya melihat memang masih ada SSB, tapi terkendala pada kompetisi yang rutin bagi mereka. Berbeda di luar negeri, karena di sana memiliki liga anak yang rutin dilakukan. Jika program ini tidak rutin dilakukan oleh PSSI, mustahil ada pemain Indonesia yang berbakat dan telah berlatih secara rutin sejak kecil. Inilah yang membuat negara kita ketinggalan," pungkasnya.

No comments:

-----------------------------------------------------------------
This Blog is @2008-2011 MULTI ETNIS Outlet Production

jakmania-utankayu.blogspot.com
Persija ampe mati..
-----------------------------------------------------------------