12/11/2011

Klub-klub Anggota PSSI Serukan KLB

Sebanyak 40 klub anggota PSSI di Jawa Timur mendukung digelarnya Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI. Langkah ini dianggap penting melihat banyaknya kebijakan PSSI pusat yang melenceng dari aturan organisasi.

Keinginan menggelar KLB ini muncul dalam rapat Pengprov PSSI Jatim di Hotel Elmi Surabaya, Jawa Timur, Minggu, 11 Desember 2011. Dalam rapat ini juga tercetus keinginan membentuk Komite Penyelamat Sepak Bola Indonesia (KPSI).

"Bukannya kami mendukung salah satu pihak. Tetapi ini upaya untuk selamatkan sepakbola nasional agar tidak semakin melenceng dari statuta PSSI maupun FIFA,” kata  R Abdul Mukti dari Persepam Pamekasan usai rapat.

Rapat dihadiri 40 perwakilan klub dari level ISL sampai Divisi III. Hampir semua peserta mendukung untuk segera mengadakan KLB. Hal itu terlihat dari surat pernyataan yang diedarkan.

"Surat pernyataan ini bisa diserahkan ke Korwil Barat, Timur dan Selatan," ujar Rosid Mardani dari PSSI Jatim.

Menurut Rosid, perwakilan klub terdiri dari sekretaris dan ketua. Bila tidak bisa hadir, maka yang diutus harus memiliki surat mandat. Ini untuk menjaga legalitas peserta rapat. "Surat itu sebagai bukti dalam rapat akbar di Jakarta 17-19 Desember nanti,” sambungnya.

Ketua PSSI Jatim yang sekaligus anggota Exco PSSI, La Nyalla M Mattalitti menjelaskan, rapat akbar akan digelar di Istora, Senayan, Jakarta. Ada tiga agenda penting yang akan dibahas, yakni permintaan agar Djohar Arifin melakukan rekonsiliasi.

Kedua adalah pelanggaran statuta yang dilakukan PSSI selama ini harus diakhiri. Sedangkan yang ketiga adalah seruan KLB. "Jika PSSI tetap menolak menggelar KLB untuk membahas perubahan statuta, tak ada jalan lain kecuali meminta FIFA untuk membentuk Komisi Normalisasi (KN). Bukan mustahil agenda KLB akan menjadi ajang melengserkan ketua umum PSSI," jelasnya.

Rencananya rapat akbar ini akan dihadiri oleh 493 perwakilan klub anggota PSSI. Lewat rapat ini, klub-klub anggota akan mendesak PSSI untuk menggelar KLB dan mengubah statuta PSSI.

Nyalla tidak berjuang sendirian dalam memperjuangkan usulan ini. Bersama tiga anggota Exco PSSI lainnya, Robertho Rouw, Erwin Dwi Budiawan, dan Tony Apriliani, La Nyalla mengaku siap berkorban bagi terwujudnya KLB nanti. 

"Kami siap pasang badan demi memperjuangkan kebenaran dan menyelamatkan PSSI,” tegas Nyalla. Mengenai keinginan untuk melibatkan FIFA, La Nyalla menyebutnya sebagai salah satu solusi. Namun La Nyalla tidak ingin induk organisasi sepak bola dunia itu terlalu cepat mengintervensi permasalahan yang kini sedang melanda sepak bola Indonesia.

Menurutnya, langkah awal KLB harus datang dari seluruh stake holder di Indonesia, termasuk anggota DPR RI. Sebagai langkah awal, pihaknya akan mengadukan permasalahan yang menimpa sepak bola nasional ke komisi X DPR RI, 14-15 Desember. 

"Semua kebobrokan kepemimpinan Johar Arifin akan saya beberkan ke DPR. Termasuk, bagaimana PSSI menggelar kompetisi Liga Prima Indonesia (LPI) dengan jumlah peserta 24 klub yang melanggar statuta,” kata La Nyalla.

Nyalla berharap hearing dengan Komisi X DPRI RI akan menghasilkan terbaik demi kemajuan persepakbolaal nasional. "Saya berharap PSSI mau kembali ke Kongres PSSI di Bali. Dimana produk-produk yang dihasilkan kongres Bali dilanggar sendiri oleh Djohar Arifin dkk. Itu saja tuntutan kita,” ungkapnya.
Daftar Klub Jatim Pendukung KLB
ISL : Persela, Arema, Deltras
Divisi Utama: PSMP, Persid, Persekam Metro FC, PSBI, PSBK, Persebaya, Persepam
Divisi I: Persekabpas, Persekap, Perseba Super, PSID, Persedikab, Persida
Divisi II: Mitra Bola Utama, Persikapro, Persinga, Persatu, Persebo, Persesa, Perseta
Divisi III: Persem, PSIL Lumajang, Jember United, Banyuwangi Putra, Persepon, Suryanaga Connection, Persemag, PSM Madiun, Persigp Trengalek, Perssu Sumenep, PSSS

Vivanews.com

No comments:

-----------------------------------------------------------------
This Blog is @2008-2011 MULTI ETNIS Outlet Production

jakmania-utankayu.blogspot.com
Persija ampe mati..
-----------------------------------------------------------------